Senin, 25 Oktober 2010

Sehat Dalam menggunakan gadget..

Di zaman era globalisasi ini kita tak bisa lepas dari benda-benda canggih, misalnya saja Telepon Cerdas atau Handphone, barang ini bukanlah barang bergengsi buat kita, tapi kebutuhan shari-hari kita.
Butuh share/eksis di jejaring sosial + butuh alat yang mendukung pekerjaan. Pokoknya, cepat dan hemat kuncinya.. hanya satu masalah yang sering kita abaikan yaitu lupa sama kesehatan kita sendiri..

 Semakin hari, gadget diciptakan untuk semakin user- friendly alias mudah digunakan dimana saja.
Efeknya semakin betah juga kita memakainya berlama-lama, padahal, hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan. Kesadaran kita untuk memakai gadget dengan bijak akan membuat kita menjadi pemakai yang sehat alias user- healthy. Apa saja sih yang harus kita waspadai saatsudah menjadi gadget-freak??
mari kita bahas satu persatu:..

  • Kecanduan
saking mudahnya dipakai, perangkat mengasyikkan ini membuat kita addicted(kecanduan). Penelitian di Rutgers University ;2006 menyimpulkan kalau Telepon cerdas, misalnya Blackberry, menjadi pemicu meningkatnya pemakaian internet, tapi ndak baik buat kesehatan mental.
  • Gangguan Tidur
Kejadian ini tak asing lagi bagi kita... Si telepon yang selalu berhubungan dengan internet selalu ribut kapan saja,termasuk pada jma tidur. Kalau sudah terbiasa meladeninya lebih baik segera tinggalkan,karena pasti membuat kualitas tidur kita berkurang. Sebuah studi menyebutkan "Orang-orang yang biasa membawa telepon cerdasnya kejam tidur umumnya mengidap insomnia,sakit kepala dan sulit konsentrasi."
Penelitian di Universitas Uppsala di Swedia bahkan berani membuka fakta kalau radiasi telepon genggam dapat mengganggu tidur kita. waduh..
jadi ayo kita singkirkan telepon cedas saat jam tidur..
  • Gelisah dan Marah
Punya ponsel genggam jelas ndak salah, bahkan sangat menyenangkan apalagi di lengkapi berbagai fitur,
dengan gadget ini semua kegiatan yang memakai saluran internet bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Tapi penelitian di MIT Sloan School of Management ;2007 mengatakan kalau pengguna gadget ini cenderung mudah stres di tempat kerja/sekolah. Fasilitas internet 24 jam mengganggu'waktu santai' pegawai karena memungkinkan mereka available  kapan saja. Tak heran kalau mereka mudah marah dan gelisah,bahkan saat libura
  • Kurang konsentrasi
Selain kenyamanan yang diberikan,pengguna telepon cerdas memiliki resiko melemahnya konsentrasi pikiran.
Gadget ini juga memungkinkan orang melakukan beberapa aktivitas disaat bersamaan(multitasking),mengakibatkan seseorang sulit menyerap informasi karena fokusnya mudah berpindah-pindah."Orang yang bisa melakukan beberapa pekerjaan ini  satu waktu biasanya otaknya dibnjiri oleh begitu banyak informasi. Efeknya, mereka sulit menyaring informasi mana yang lebih penting" kata seorang psikologi di Maryland,Baltimore. Dokter tersebut menyrankan, pengguna telepon cerdas tidak menghidupkan internetnya selama 24 jam.

dari ulasan diatas kita sudah tahukan efek samping jika terlalu seing menggunakan gadget telepon cerdas dan canggih kita..
mulai sekarang mari kita membuat jadwal kapan buka e-mail, misalanya setiap jam/per-dua jam,
Jangan mau di kontrol oleh gadget yang serba canggih lagi, tapi kita sendirilah yang mengontrolnya agar kesehatan dan uang kita juga tak terkuras habis..
hehe
setuju..

Sumber: Spice! Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar