Minggu, 24 Oktober 2010

Redakan ketegangan dengan terapi musik dan pijat

Pijatan lembut, atau berbaring sambil mendengarkan musik, terbukti dapat mengatasi perasaan tegang dan gelisah. Namun, manakah yang lebih efektif? Menurut para peneliti dari Group Health Research Institute, AS baru-baru ini, keduanya sama efektif!

Begini cara menelitinya. Para peneliti menerima 68 pasien penderita kegelisahan/ketegangan, yang kemudian diminta menjalani salah satu dari tiga macam perawatan:
1) Sepuluh sesi pemijatan yang masing-masing berdurasi satu jam, dengan diiringi musik,
2) Menghirup napas dalam-dalam sambil berbaring dan menikmati musik,
3) Mendengarkan musik, dengan kaki-lengan dibungkus dengan alat dan handuk penghangat.

Nah, setelah tiga bulan, data para pasien dari ketiga kelompok di atas dibandingkan. Dan ternyata, tidak ada perbedaan dalam hal tingkat ketenangan yang dihasilkan.

"Kami terkejut, karena manfaat pijat tidak lebih besar ketimbang mendengarkan musik yang menenangkan," cetus Karen J Sherman, peneliti senior. "Namun perlu diketahui, perawatan dalam ruang relaksasi (nomor 2), jauh lebih murah daripada dua perawatan di ruangan lainnya (nomor 1 dan 3)."

nah dari pada kita bayar mahal-mahal lebih baik kita praktekkan sendiri dirumah hanya dengan alat musik ketegangan -ketegangan pada otot-otot kita serasa ringan.
sumber: Group Health Research Institute

Tidak ada komentar:

Posting Komentar