Sabtu, 30 Oktober 2010

Bahayanya Asap Rokok


ASAP rokok—juga dikenal sebagai asap tembakau lingkungan—termasuk asap yang dikeluarkan oleh perokok (asap utama) dan asap yang datang langsung dari produk tembakau yang terbakar. Ironis, sementara perokok asyik menikmati rokok, orang di sekitarnya justru tertimpa kemalangan.

Asap rokok mengandung ribuan bahan kimia beracun, termasuk
 benzene, carbon monoxide, chromium, cyanide, formaldehyde, lead, nickel, dan polonium. Partikel berbahaya dalam asap rokok dapat melayang di udara selama berjam-jam. Menghirup asap rokok untuk waktu singkat seperti dilakukan perokok dapat mengiritasi paru-paru dan mengurangi jumlah oksigen dalam darah. Sementara menghirupnya berkepanjangan atau menjadi perokok pasif, justru lebih berbahaya.

“Orang yang merokok adalah orang yang egois karena 70 persen asap dihirup oleh bukan perokok. Yang keluar itu justru lebih banyak. Jadi jelas, orang-orang yang berada di sekitar kita (perokok) yang paling dirugikan,” ujar Dr Aulia Sani SpJP (K), pengajar Departemen Kardiologi & Kedokteran Vaskuler FKUI dalam peluncuran kampanye Break Free bertema “Semangat Bebaskan Diri dari Jeratan Adiksi Nikotin”.

Pernyataan tersebut menegaskan, dampak merokok bukan hanya dirasakan para perokok. Risiko bagi perokok pasif ternyata lebih besar. Perokok pasif tidak hanya menghirup asap samping dari pembakaran ujung rokok, tapi juga meningkatkan risiko terkena kanker paru dan penyakit jantung sekira 20-30 persen.

seorang dokter
 menjelaskan lebih lanjut bahwa ibu hamil pun dapat mengalami proses kelahiran bermasalah, bayi berat badan lahir rendah (BBLR), bayi lahir mati, ataupun bayi cacat lahir oleh karena menjadi perokok pasif sedangkan anak-anak akan lebih mudah terkena infeksi saluran pernafasan.

“Makin dini mereka (perokok) berhenti, makin baik kesehatannya. Mengapa kita lebih sayang dengan rokok kita, padahal keluarga kita jadi perokok pasif?,” maka dari itu ada baiknya kita menghimbau kepada orang-orang sekitar terutama keluarga kita agar bisa mengurangi rokok , selain kesehatan mereka terjaga kita juga bisa terhindar dari baunya asap yang mengandung zat racun itu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar