Senin, 03 Januari 2011

Mother days

Allahu akbar..allahu akbar…
Kumandang adzan pagi sudah terdengar dimana-mana…
Namun sari masih larut dalam mimpinya…
Sar..sar… bangun nak jangan lupa solat subuh…
Suara ibu terdengar lembut membangunkan ku
“ya bu, sari udah bangun. Jawab ku sambil malas-malasan”
Aku beranjak menunaikan solat subuh dan melanjutkan mimpiku yang tertinggal…
ZzzZz….
Suara ayam yang berkokok dan burung yang berkicauan bersahut-sahutan membangunkan tidurku..
Hoammm, aku mendekati jendela dan melihat senyuman mentari yang menerpa wajahku yang kusut ini..
Subhanallah Ya Rabb betapa indah ciptaan-Mu, bathinku…

hari ini hari yang membosankan bagiku, ya hari ini aku libur dan sendirian di rumah,
orang tua ku udah berangkat kerja, dan mbak sibuk dengan pekerjaan rumah..
aku malasa-malasan menyalakan tv, dimana-mana berita tentang bola,artis kawin cerai, anak kecil yang booming dan lainnya…
ga ada acara lain apa??
“kenapa non? kok bengong sendiri?? Awas kesurupan lo..”
Hhah ya , aku kaget ngeliat mbak udah ada di belakangku..
“ndak mbak saya bingung ni acara tentang gosip artis dan mamanya,…
Memangnya hari  ini hari apa sih mbak??
“aduh non, non lupa ya?? Hari ini kan hari ibu..
Yang benar mbak?? Aku kurang yakin…
“kalo g percaya liat kalender aja non…”
Aku bergegas ngeliat kalender..
Upps hari ini tgl 22 desember dan hari ibu..
Aku buru-buru mandi  dan bergegas keluar..
“nonnnn, mw kemana? Ga sarapan dulu??
“ntar aja mbak, saya pergi dulu ya..
“Dadah mbakkk….”
Assalamualaikum…

Aku tancap gas dan menuju sebuah pusat perbelanjaan…
Disana banyak anak2 yang jalan sama mamanya, dan ada juga yang sama papanya tuk membeli  kado buat mama mereka..
Huhh, coba aja hari ini papa libur jadikan bisa beli sama papa..
Ya,,,dari kecil aku udah biasa ditinggal sama mbak yang kerja..
Mama-papa sibuk kerja, mereka berangkat sebelum aku bangun dan pulang saat aku udah tidur…
Tapi papa masih ada waktu buat aku dan adikku..
Sedangkan mama super sibuk..jadwalnya selalu padat…
Aku kangen mama….:(
Aku bengong lagi dan disentakkan oleh  salesnya…
Mbak mau beli apa??
Eh anu mbak.. kado buat ibu bagusnya apa ya? Tanya ku sambil tersenyum..
Mbak nya hanya bisa tersenyum melihatku yang celingak celinguk ini..
Bunga aja mbak kalo ga yang paling mama mbak suka…
Jawab salesnya sambil tersenyum..
Aku mutar-mutar took baju dan bunga…
Akhirnya aku nemuin juga baju satu style dan bunga mawar pink yang harum… dan sebuah kartu ucapan…
Yang isinya”:
“assalamualaikum ibuku sayang…
ibu yang sangat kusayangi dan kucintai,,,
hari ini adalah  hari yang sangat istimewa buatmu..
hari ini hari yang sangat indah dan berharga buat mu dan anak-anakmu..
ibu..engkau adalah pahlawan revolusi bagiku,, walaupun kita jarang ketemu, dan komunikasi  engkau adalah ibuku….
Ibu yang melahirkan ku..
Aku tau betapa letihnya dirimu dalam  membesarkan ku…
Betapa sabar dan ikhlasnya dirimu dalam menghadapi sikapku yang nakal ini dan kadang mengabaikan amanahmu..
ibu engkau adalah malaikat penghangat disaat aku  kedinginan dan penyejuk jiwa ku disaat aku galau..
melihat mu yang semangat dan tak pernah mengeluh membuat kami sadar betapa besarnya hatimu  kepada akuanaku..
bu  ini ada sebuah hadiah kecil yg tak bernilai apa-apa buat mu
dan tak bisa membalas jasa yang elah kau  berikan kepada aku
happy mother days bu…
your always  in my heart and  everythink with us…
can’t changes  your profil in my life and my world…
miss you forever mom…..
with love
your childs
sari…

aku membungkus dan menyelipkan kartu ucapan dengan pita warna pink…

setelah selesai membayar aku pulang dengan riangnya…
**
Wah  ga terasa akhirnya sampe rumah juga…
Mbak…mbak…..
Ibu udah pulang belum??
“belum non, kenapa non?? Kangen ya sama ibu?”
Tanya mbak..
“ya mbak kangen banget, hehe…”
Ya udah deh mbak saya mandi dulu ya..
Aku mandi dan sholat ashar,,, selesai sholat aku tadabur sebentar…
Uah selesai aku belajar buat besok dan nonton lagi..
Ibu kok belum pulang juga ya??
Padahal udah jam segini..
“ningnong…”
Bel rumah bunyi, aku bergegas mebuka pintu, eh ternyata papa yang baru pulang..
Pa, mamah kok belum pulang sih??
Tanyaku?
Ya papa masih ada meeting , sabar ya sayang..
Kenapa? Kamu kangen banget ya sama mama??
Tanya papa…
“ya pa, sari pengen liburan,,, bosan dirumah mulu…”kataku..
Ya, nunggu ibu libur dulu ya……
Pa coba aja dedek masih ada… pasti rumah ini jadi ramai..
“ya sayang.. ikhlaskan adek kamu ya.. jangan omongin itu lagi nanti ibu malah sedih…”
Ya udah kita makan dulu , selesai tu papa mau bersih-bersih dan kemesjid..
Kami pun makan berdua… aku masih saja teringat dengan suara adekku yang lucu dan selalu membuatku kesal..
Kini dya telah dipanggil sama ALLAH,swt, dan ibu pun melanjutkan karirnya sebagai manajer disebuah perusahaan terkenal dikotaku buat hilangin kesedihannya..
Sejak itu aku jarang ketemu sama ibu, karena dia lebih sibuk dari papa yang seorang kepala dokter disebuah rumah sakit….
**
Selesai makan aku kekamar dan bola balik poto-poto lucu adikku yang manis itu…

Aduh ibu kok lama ya pulangnya….
Jam udah menunjukkan pukul 21.00
Tapi kok belum pulang juga…
Aku bolak-balik didepan pintu,,,
Papa yang sedang nontontv hanya bisa geleng-geleng melihat tingkah lakuku yang kayak anak kecil itu..
Akhirnya aku nyerah juga dan duduk tenang di samping papa nonton berita..
Jam 22.00 pintu tebuka,,,
Dan terdegar suara yng taka sing bagiku..
“assalamualikum..”’
Aku langsung lari dan mendekap ibuku yang keletihan itu..
Ibu hanya kaget dan bingung, namun dia membalas dekapanku dan mencium pipiku..
“maaf ya bu, kalo selama ini sari sering marah sama ibu dan kurang mematuhi nasehat ibu.
Dan memberikan kado serta bunga mawar yang kubeli tadi siang..
Selamat hari ibu, bu…
Sari sayang ibu dan cinta ibu selamanya,,dan mencium pipi ibu…dan air mata menetes dipipiku yang bulat ini..
ibu merangkulku dan mengusap air mataku,,,sambil berkata”ibu juga minta maaf ya sayang, karena ibu jarang bisa menemani kamu jalan….”
Ibu membac a tulisannya sambil berlinang air mata..
Dia menatapku sambil tersenyum dalam keletihan…”
Terimakasih sayang….ibu juga sangat sayang sama sari dan tak akan meninggalkan sari sendiri lagi”..
Papa yang sadar melihat kami nangi-nangisan langsung memoto kami dan berkata” hayo..nangis aja sepuasnya, wah..wah… papa ga di kasih kado nih.sari ga adil deh sama papa…
Hahaha,,, hari ini kan hari ibu pa. kalo hari ayah, papa ngasih kado buat sari…hehe
Papa mencium pipiku dan mengatakan” papa ibu sayang kamu, dan tak akan meninggalkan kamu sendirian lagi… papa janji kita akan meluangkan waktu buat kamu..
Ya kan ma??
Tanya papa sama ibu..
“ya, ibu juga akan meluangkan waktu buat ngantarin kamu jalan-jalan…”
Janji ya bu,kataku dengan manja…
“ya putri kecil kami…lanjut ibu dan papa…
Kita sayang kamu  permaysuri kami…
Sari sekarang kan udah malam..waktunya tidur dan besok berangkat ke kampus…
Kata ibu…
Aku pun megecup kening papa ibu dan bernajak ke pulau yang kusayangi…

“hari ini hari yang menyenangkan bagiku… terima kasih Rabb Engkau masih memberikan nikmat indahnya hidup dihatiku, dan rasa syukur yang medalam dalam diriku, terimakasih RABB karena Engkau telah menjaga raja ratuku dalam kesehatan dan selalu ada buat ku…”
Adikku sayang,,, hari ini kakak membelikan kado buat ibu dan ibu merasa senang, coba aja kamu masih disini, pasti kebahagiaan ini bertambah lengkap..
Adekku sayang semoga kamu senang disanaya… kami selalu berdoa untukmu adekku yang lucu..kakak sayang kamu …mmmuachhh…
 Dan Ya RABB lidungilah keluarga kami karena zat-Mu yang maha sempurna…
Aminnn..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar