Selasa, 28 Desember 2010

Perbedaan sakit Kepala,migrain dan Vertigo

 Sakit kepala sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang dan menjadi pengalaman hidup sehari-hari,dimana sepertiga anggota masyarakat pada umumnya mengalami penyakit tersebut.ada beberapa macam sakit kepala, diantaranya:
1.Sakit Kepala
merupakan salah satu gejala yang paling menganggu dan merupakan masalah kesehatan yang paling sering dialami berbagi usia.Umumnya sakit kepala terjadi hanya sebentar dan hilang keesokan harinya. Tetapi ada juga yang sakitnya kambuh lagi sesudah beberapa bulan/tahun kemudian.
sakit kepala merupakan kejadian yang umum, sehingga jangan terburu-buru menganggap hal ini disebabkan oleh penyakit serius. Sakit kepala bersifat fungsional dan tidak berhubungan dengan perubahan organis didalam otak,walaupun untuk kasus tertentu yang berat disebabkan oleh gangguan pada otak atau selaputnya.
sakit kepala menahun dan sakit menahun/kambuhan bisa sangat nyeri&menganggu,tetapi jarang mencerminkan keadaan kesehatan yang serius.
penyebab sakit kepala:

  • pada umumnya disebabkan karena ketegangan otot,psikis,nyeri dikepala tanpa gejala yang jelas
  • banyak berhubungan dengan gangguan mata,hidung,gigi,tenggorokan,telinga,dll
2.Migrain
sakit kepala sebelah yang nyerinya berdenyut hebat dan terjadi berulang-ulang. Biasanya mengenai salah satu sisi kepala,tetapi kadang-kadanag mengenai kedua sisi kepala. Sakit kepala sebelah(migrain)merupakan jenis sakit kepala yang paling sering dialami dewasa ini,munsul satu sampai 8kali dalam sebulan. nyeri timbul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala gangguan penglihatan seperti berkunang-kunang,gangguan saraf,atau gangguan saluran pencernaan (mual,muntah)
 migrain biasanya mulai timbul pada usia 10-13 tahun;& kadang-kadang menghilang setelah usia 50tahun. migrain lebih sering menyerang wanita yang memiliki riwayat migrain dalam keluarga. 

3. Vertigo

Sesuai dengan akar katanya, Vetere yang berasal dari bahasa Yunani,yang berarti berputar,vertigo mengacu pada adanya sensasi dimana penderitanya merasa seolah-olah benda disekitarnya bergrak/berputar. biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Vertigo dapat berlangsung hanya beberapa saat/bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. penderita kadang-kadang merasa lebih baik jika berbaring,tetapi vertigo dapat terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar